Adu Fitur Honda New MegaPro VS Yamaha Byson hmm...mana ya yg lebih unggul????? monggo kita lihat penjelasan dibawah ini..
Setelah dengan resmi diperkenalkannya Honda New Mega Pro oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Byson 150 oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) belum lama ini, bikin Anda bingung memilih. Sebab tampilan kedua motor ini memang benar-benar menggoda bukan? Gaya street fighter-nya itu lo yang bikin ngiler.
Setelah sebelumnya harus berhadapan dengan V-ixion, Honda New MegaPro kini juga harus siap-siap menghadapi hadangan dari pasukan motor sport Yamaha lainnya, Byson.
PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) telah memastikan Byson akan segera dimunculkan kehadapan media dan segera dipasarkan pasca Hari Raya Idul Fitri 2010.
Bila dengan V-ixion, New MegaPro kalah langkah dari sisi tipe mesin yang telah menggunakan sistem fuel injection, maka dengan Byson, sama-sama masih dibekali mesin berjenis karburator.
Makanya, mending Anda coba pelajari dulu fitur-fitur apa saja yang diterapkan pabrikannya ke produk andalan mereka itu. Siapa tau bisa jadi panduan buat Anda dalam memilih produk yang sesuai selera. Lantas mana paling kuat diantara keduanya? Yuuk.. cekidot!!!
Roda
Baik New MegaPro maupun Byson 150 sama-sama mengaplikasi lingkar roda 17 inci. Dan ban yang digunakan juga tipe tubeless. Tapi ukurannya lebih gede Byson 150, yakni depan 100/80-17 M/C 52P dan belakang 120/70-17 M/C 58P. Sedang di New MegaPro pakai ukuran 80/100-17 M/C 46P (depan) dan 100/80-17 M/C 55P (belakang).
Pakai ban lebih lebar umumnya unggul soal handling. Tapi biasanya berdampak akselerasi jadi agak berat dan konsumsi BBM sedikit boros. Tapi untuk membuktikannya, nanti kami tes lagi pada kedua motor ini. Oh iya, untuk pelek AHM menawarkan dua pilihan; spoke wheel (SW) dan casting wheel (CW). Sementara Byson baru ada tipe CW.
Suspensi
Pada kedua motor ini, di bagian depan pakai teleskopik. Namun diameter batang sok yang dijejali YMKI ke Byson lumayan gede, yaitu 41 mm. Lebih gede 10 mm dari New MegaPro yang cuma 31 mm. Alhasil membuat kaki depan Byson terlihat jadi lebih kekar bak moge Streer Fighter. Soal kemampuan meredam kejutnya berdasarkan uji coba sih tidak begitu jauh berbeda.
Di belakang, juga sama-sama aplikasi swing arm dipadu monosok. Monosoknya juga diapat disetel tingkat kekerasannya alias adjustable. Pada New MegaPro pilihan kekerasannya ada 3 level; soft, medium dan hard. Sedang di Byson model berundak dengan jumlah 5 undakan.
Kunci Kontak
Buat pertimbangan keamanan, AHM adopsi kunci kontak jenis shutter key pada New MegaPro. Fitur ini terbukti cukup ampuh menghambat aksi pencurian sepeda motor yang kian mengganas. Sedang di Byson masih menganut kunci kontak model biasa.
Rem
Peranti ini tentu juga jadi satu pertimbangan saat mau beli motor. Nah, antara Byson dengan New MegaPro menawarkan kelebihan sendiri. Misal di depan Byson menggunakan piringan cakram dengan diameter lebih lebar (267 mm) dibanding New Mega Pro (245 mm). Dilengkapi kaliper 2 piston.
Namun di belakang, Byson masih andalkan tipe teromol. Sementara New Mega Pro sudah mengaplikasi jenis disc brake..
Baik Byson dan New MegaPro sudah menggunakan penunjuk kecepatan model digital. Termasuk penunjuk bensinnya. Tapi untuk pemantau putaran mesin, Mega Pro masih mengandalkan jenis analog.
Mesin
Sistem pendingin kedua Street Fighter ini masih mengandalkan angin. Tapi ada juga fitur pendingin tambahan yang coba diterapkan tiap pabrikan. kalau di Byson, YMKI menambah sebuah corong pengarah angin yang ditempatkan di bagian kanan mesin untuk mendinginkan bagian kepala silinder seputar busi. Sistem itu dinamai YRCS (Yamaha Ram Air Cooling System).
Sedang di New MegaPro, Honda merancang kepala silindernya menganut jalur atau rongga yang mengarah ke bagian tengah head, dinamai 2 way air cooling system. Selain sistem pendingin, kedua motor juga sudah pakai roller rocker arm.
New MegaPro menggunakan volume 149,2 cc bersistem 4-tak, SOHC, air cooled. Sementara Byson 153,0 cc 4-tak SOHC air cooled. Disini jelas terlihat New MegaPro memiliki kapasitas silinder mesin yang kalah besar dibanding Byson.
Artinya, urusan keluaran tenaga pun Byson bisa mengasapi New MegaPro karena sanggup menghasilkan daya 14PS pada 7.500 rpm dengan torsi 14 Nm di 6.000 rpm. Sedangkan New MegaPro 13,7 PS di 8.500 rpm dengan torsi 13,1 Nm pada 6.500 rpm.
Lalu gimana soal gaya? New MegaPro tampaknya lebih menyuguhkan tongkrongan elegan dan kalem. Sementara Byson bisa mengakomodasi yang doyan show-off.
Jauh sm mega pro walaupun motor sy byson ttp sy lbh suka mega pro karna byson bisa bikin mati org gara2 mesin mati mendadak
BalasHapusmaksudnya byson bisa mati mendadak gimana gan?
HapusMegapro lebih tangkas uji kecepatan jauh lebih hebat megapro
BalasHapusNMP Kecepatan 118 sdngkn byson hnya 100 stelah diuji.
Lebih baik naik vespa
BalasHapus