Selasa, 02 April 2013

Hitung Final Gear, Ganti Pelek Harus Ganti Gir Belakang?



Hitung Final Gear - Sektor kaki-kaki, jadi salah satu target untuk melakukan modifikasi. Paling lazim melakukan adalah biker pemilik tunggangan jenis motor sport.
Bagi pemilik Honda Tiger, modifikasi tampilan sektor kaki-kaki yang dilakukan adalah mengganti pelek standar yang masih 18 inci ke ukuran yang lebih kecil (17 inci). Untuk urusan ini, memang terlihat cukup mudah, tinggal copot pelek standarnya dan memasangkan pelek anyar ukuran 17 inci.
Tapi di balik itu ternyata memasang pelek ukuran lebih kecil dari standarnya, berpengaruh pada performa motor. Menurut Sarwono Edi, menurunkan 1 inci dari ukuran pelek standar, membuat putaran mesin bawah makin ringan.


Menurunkan 1 inci ukuran pelek, bisa mempengaruhi performa mesin

Tapi performa mesin di putaran atasnya, akan terjadi penurunan, dengan kondisi itu, pastinya ada yang harus disesuaikan bila mengganti pelek 18 ke 17 inci. Harapannya agar apa yang dilakukan, tetap membuat tunggangan ngacir dari putaran mesin bawah sampai atas.
Agar dapat performa mesin di putaran atas pada trek datar, biasanya penggantian pelek dari 18 ke 17 inci diikuti dengan penyesuaian gir belakang. Tapi kadang pemilik motor enggak mau melakukan hal tersebut.


Gir belakang 41 mata, jadi ukuran yang pas untuk Tiger yang mengganti pelek 17 inci dengan ban130/70 - Kode ban menjadi salah satu angka yang masuk dalam rumus mencari final gear yang pas

Dalam urusan penentuan gir belakang. Jurus yang digunakan adalah dengan menurunkan jumlah mata gir standar. Turunnya cukup 3-4 mata saja. Misalnya Tiger yang gir belakangnya 43, dijadikan 40 atau maksimal 39 mata.
Selain dengan memanfaatkan skill si mekanik bengkel, sesungguhnya ada cara lain untuk menentukan kebutuhan gir belakang. Caranya dengan memasukkan angka-angka yang terkait ke dalam rumus yang berlaku dan jangan lupa untuk menjadikan ukuran inci ke milimeter.

Rumus
D1/F1 = D2/F2

Keterangan
D1= diameter total ban dan pelek standar
F1= rasio final gir standar
D2= diameter total ban dan pelek ubahan
F2= rasio final gir ubahan

Dengan melihat rumus tersebut, maka yang dicari adalah angka yang menjadi F2. Untuk mencari F2 rumusnya (F1xD2)/D1.
Kita coba terapkan 2 rumus di atas, untuk contoh kasus mengganti pelek Tiger dari 18 ke 17 inci dengan ukuran ban 130/70-17. Ban belakang standar bawaan Tiger 100/90 dengan gir depan 13 dan belakang 43.
D1    = (18 x 25,4) + (90% x 100) = 547 mm

Keterangan :
18         = ukuran pelek standar Tiger (inci)
25,4 mm    = 1 inci
100        = lebar tapak ban
90%        = Tinggi ban dari lebar tapak ban

D2    = (17 x 25,4) + (70% x 130) = 522 mm

Keterangan
17 inci    = ukuran pelek baru
25,4 mm    = 1 inci
130        = lebar tapak ban
70%        = Tinggi ban dari lebar tapak ban

F1    = 43/13 = 3,307

Keterangan
43    = Jumlah mata gir belakang standar Tiger
13    = Jumlah mata gir depan standar Tiger

F2    = (F1xD2)/D1 = (3,307 x 522)/547 = 3,156

Angka rasio 3,156 yang kemudian dikalikan jumlah mata gir depan (13 mata), maka didapat angka pembulatan 41. Angka tersebut merupakan jumlah mata gir belakang Tiger yang seharusnya diaplikasikan, bila mengganti pelek dan ban standar menjadi 17 inci dengan ban 130/70.

Hasil perhitungan dengan rumus menunjukkan bahwa anjuran mekanik untuk ganti gir belakang setelah ganti pelek, bermanfaat bagi si pemilik motor.




17 komentar:

  1. Izin Copas ke komunitas mas.. infonya bermanfaat bgt ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan.motor ane jupiter z baru, velk ane rubah 14inci.dengan ban 100/80.saranny gan gear mata berapa yg harus ane pasang.dengan kondisi sekarang gear masih ori.

      Hapus
  2. Permisi gan, mau tanya nih, nafas motor saya pendek banget GL100 bore up 200cc, rata2 daleman tiger. Velg blkg 17inch lebar 4.5inch pake ban zeneos 160/60 , depan 18inch lebar 3,5inch gan, karbu pakai gl pro black engine ori. Gmn gan selanjutnya klo blkg 17inch?brpa ya ukuran gearnya? Hatur nuhun gan. Butuh bantuan banget nih gan.

    BalasHapus
  3. kalo tiger ganti ban ring ,17, ukuran ban 100/80, brati girnya ukuran berapa mas..?

    BalasHapus
  4. Maaf mas itu rumus kl rubah diameter velg atau Ringx.kalau rumus rubah lebar velg nya dan bannya tp diameter x tetap sama gimana hitungnya mas?

    BalasHapus
  5. Maap para guru ane mau tanya Tiger ane pake ring 17 ban belakang pake ukuran 2.75....pertanyaanya gir yang pas depan belakang oke ukuran berapa ya...yang pas nya...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bg minta saran dong
    Kan motor tiger aku dah makek ban besar yg SB117 uk 100/80-18 dan 120/80-18
    Gir nya ku kecilin dri standard pabrikan dri 15-50 menjadi 14-47
    Gir aku cepat oleng
    Dan as gir aku semalam dah gundul kwwkww .
    Yg kuminta saran
    Apakah akunya harus ganti ban jdinstandard atau tetap tapi ganti velg jdi lingkar aloy atau DID
    Aatau gir nya ku standardkan lgi menjadi 15-50?

    BalasHapus
  8. Untuk perhitungan final gear di atas itu menggunakan rantai tipe 520 apa 428 y gan...? Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Kalau pake gear depan 14 belakang 41 kekurangan dan kelebihan nya apa gan? Mohon di jawab

    BalasHapus
  10. Kalau pake gear depan 14 belakang 41 kekurangan dan kelebihan nya apa gan? Mohon di jawab

    BalasHapus
  11. maaf gan... mau tanya nih gan kalo motor MP standart tpi pake velg 17 trus ukuran ban nya klo sya nebutnya ban depan ukuran 225 lalu ban blakang ukuran 250, itu enaknya dikasih gir ukuran berapa gan supaya tarikannya tdk trlalu berat dan juga tidak terlalu ringan... terima kasih

    BalasHapus
  12. Ajig gile mantap. Ini nih yg gwa butuhkan. Untung belum beli gear sm ban. Hahaha

    BalasHapus
  13. Standar gir belakang 46
    Hasil final 46,6 apakah pembulatan 47 mas..

    BalasHapus
  14. Mas mau tanya motor saya tiger revo saya pakai velg ring 17 ban belakang saya pakai ukuran 120/70-17 saya harus ganti gir depan belakang ukuran berapa?

    BalasHapus